Jumat, 28 Juli 2023

Ilmu Pengetahuan Sosial

 KEBERAGAMAN DI INDONESIA 

 

  

 Keragaman Suku dan Budaya di Indonesia, Sebagai warga yang baik kita wajib menghargai keberagaman tersebut.

 >> Bentuk-Bentuk Keberagaman di Indonesia <<

  • Suku Bangsa : Suku bangsa merupakan sekelompok golongan yang hidup bersama di suatu tempat dan memiliki ciri khas budaya yang sama, Ada ratusan suku bangsa yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 


 

  • Bahasa Daerah : Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan oleh manusia, setiap suku bangsa memiliki bahasa daerahnya masing-masing. untuk mempersatukannya, bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pemersatu bangsa.

 


 

  • Rumah Adat : Setiap suku bangsa memiliki rumah adat yang berbeda dengan fungsi dan makna yang berbeda pula. Hal ini di pengaruhi oleh kondisi  bentang alam wilayah setempat dan adat istiadat setiap daerah.



  • Tarian Daerah : Tarian daerah menggambarkan tradisi atau tata cara kehidupan penduduk di suatu daerah. Tarian biasanya menjadi ciri khas pertunjukan pada upacara adat atau peristiwa penting.


  • Pakaian Adat : Penduduk daerah biasnaya menggunkan pakaian adat dalam peringatan peristiwa atau acara tertentu. Contohnya, saat acara pernikahan atau tradisi adat daerah setempat.


  • Senjata : Setiap daerah memiliki senjata tradisional sesuai dengan fungsi dan maknanya masing-masing. Beberapa senjata tersebut yaitu, Rencong dari Aceh, Karih dari Sumatera Barat, Kujang dari Jawa Barat, Golok dari DKI Jakarta.


  • Alat Musik Tradisional : Setiap daerah memiliki alat musik yang digunakan dalam berbagai acara sesuai dengan adat istiadat setempat.

 

 

 

Masyarakat Indonesia hidup dalam keberagaman suku bangsa, keberagaman suku bangsa diakibatkan oleh beberapa faktor, yaitu : 

  1. Perbedaan ras asal
  2. Perbedaan lingkungan grafis
  3. Perbedaan latar belakang sejarah
  4. Perbedaaan agama dan kepercayaan

 

> Keragaman Sosial Budaya <  

Keragaman sosial budaya adalah sebuah kondisi masyarakat dengan latar belakang sosial dan budaya yang berbeda-beda, Indonesia yang terbentang luas dari Sabang sampai Marauke. Indoneisa adalah bangsa yang berKetuhanan sesuai dengan sila pertaman pancasila, Agama di Indonesia ada beragam.

Agama yang di resmikan di Indonesia, Tiap agama memiliki tempat ibadah dan hari besar nya masing-masing :

  1. Islam, Masjid
  2. Kristen Protestan, Geraja
  3. Katolik, Gereja
  4. Hindu, Pura
  5. Budha, Vihara
  6. Konghucu, Klenteng


 



Refrensi  Materi :

 

 
                                                                                    https://youtu.be/NIP9oPlgN0Q

 

 

 https://youtu.be/lIVTb1OxTDg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ilmu Pengetahuan Sosial

 KEBERAGAMAN DI INDONESIA        Keragaman Suku dan Budaya di Indonesia, Sebagai warga yang baik kita wajib menghargai keberagaman tersebut....